Wednesday, October 28, 2009

another try

Waktu minggu lalu itu, kita makan di izzi pizza.
Trus, seperti biasa, pesen pizza spicy pepperoni ama salad.
Nah, trus tambahannya itu, kita pesen dough ball.
Dough ball ini roti mungil2 yang dibikin pake adonan pizza alias pizza dough.
Wah, ga tau dech, kok kayaknya gw lagi suka banget ya ama nih dough ball?
Yah, emang pada dasarnya gw suka banget ama tipe2 roti kayak gitu
Kalo waktu di jerman, salah satunya dengan suka ama brotchen banget!
Akhirnya, gw penasaran pengen bikin ndiri dech nih dough ball
Cobain pake resep roti pizza yang biasa gw pake, yaitu:
500 gr tepung, 1 bks fermipan, 200 ml air hangat, 50 ml olive oil, garam
Kalo ga salah ya?
Yah, berhubung belum punya timbangan, si tepung itu ya kira2 gitu

Trus, setelah diulenin dsb, panggang dech si buletan dough itu
Kayanya satu kesalahan gw saat itu adalah suhu oven kurang panas pas adonan masuk
Alhasil, kaga berhasil donk! Kurang mengembang gitu
Walo kalo utk jadi pizza sih masih enak2 aja karena ketutup ama rasa tomato paste en smoked beef en kejunya

Alhasil, kmrn gw browsing2 lagih and tried to give another try untuk bikin dough ball ini
Resep adonan pizza yang gw dapetin dari salah satu web yang gw jg lupa skrg ini adalah
2 cup tepung, 3/4 cup air hangat, 1 bks fermipan, 3 sdm olive oil, 1 sdt gula, 3/4 sdt garam
Trus, fermipannya kudu dicampur duluan ama air hangat sampe 5 menit
Baru masukin bahan lainnya
Ulenin ampe kalis, tutup ama kaen basah atao plastik 1 jam sampe mengembang 2 kali lipat
Hasilnya, adonan jauh lebih lengket! Nempel2 banget, jadi kudu pake tepung terigu pas ngebentuk buletan
trus sisa adonan gw masukin kulkas krn udh kemaleman
Nah, pagi2 keluar kulkas, ga terlalu lengket tuh
Dan dibentuk buletan2 trus panggang dech
Ehm, kalo dari rasa sih, menurut gw udah lebih enak adonan yang ini utk jd dough ball
Tapi, leider, belum sama ama dough ball di izzi pizza!!
Huhuhu... Naechste mal, probieren noch mal deeecchhhhh

No comments: