Sunday, August 07, 2005

Sakit......

Seminggu ini gue sakit
Awalnya sih, emang flu doang.. pilek2 biasa lahhh..
Tapi yah, sampe skrg gue masih sakit gini..
Lemessss gituh…

Dan juga, ada “tragedy” dengan pencarian dokter di Jakarta
Duh.. pengalaman gue hari selasa kemaren bikin gue malessss banget utk ke dokter di Jakarta..
Kok kayanya time is money banget sih utk dokter2 ituhh..
Belun lagih kalo denger cerita dari temen gue..
Huikss...
Gue jadi ke-inget, saat2 gue di Jerman..
Noch mal... gue banding2in dech...

Banyak banget, temen2 gue yang suka complain, including gue, abis pulang dari dokter di jerman.. maksud gue, kayak gue atau temen gue yang sedang sakit flu gituh, pas kita di jerman, dateng ke dokter..
Trus,... ngerasa ga satisfied! Yups.. bener! Ga satisfied gitu keluar dari dokter pas di jerman, karena kok kayanya obatnya ga mempan banget.. atau.. kalo gue sih, paling sering dapet nasehat (pas gue ke dokter gituh), ya udah, minum aja kamillen tea panas2, trus kompres pake kompresan, utk sakit maag juga.. trus yang namanya obat batuk itu, obatnya tipe yang dicelupin ke gelas air minum 200 ml (kayak kita minum vitamin gituh lhoo).. nah itu..
Trus.. ya alhasil, kita lamaaaaa banget utk bisa sembuh pas di jerman..
Tapi,.. tau ga sih.. sebenernya, kesalahannya, menurut gue, bukan di dokter jerman.. tapi di org indonesia sendiri

Yups.. di org Indonesia sendiri… kita udah kebiasaan minum obat dosis tinggi.. yang alhasil, sakit ringan pun, kita minumin dosis tinggi.. nah,… akibatnya nihh.. begituh kita sakit agak parah dikit, di jerman kita dikasih dosis sekian (yang menurut mereka tokcer), udah ga mempan lagih di tubuh kitaa.. ya.. udah kebal-lahh tubuh kita ama obat2an ituh..
Sighhhh…..

Dan skrg.. gue berhadapan dengan Profesor gituh lhooo.. dokter specialis THT..yang bisa2nya ngasih gue resep vitamin C dengan dosis 500 mg diminum 2 kali sehari!!!!
Gila kaaannn!!!! Untung gue cukup pinter dengan cuman minum 1 kali ajaa.. soalnya.. what the use gitu lhooo... kalo kebanyakan minum juga, yang ada juga.. ginjal gue en lambung gue yang bermasalahhh!!.. ampe2 dokter keluarga gue di bandung bilang, ini banyak sekali.. masa vitamin C dikasih 1000 mg per hari..?? perut kamu kuat ga nihh?? Gilaaa emangg... mana gue punya masalah dengan maag lagih...
Ampe dokter gue itu geleng2 kepala juga, en gumam.. padahal Profesor nihhh...
Huaaaaaaaa
Kali emang bener yaa.. dokter2 itu dikasih komisi ama perusahaan obat kalo dia ngasih resep pake obat keluaran si perusahaan itu, dia dikasih persenan lah gituhh..
Pernah perhatiin ga siih.. kalo kita lagih di ruang tunggu dokter, trus ada kayak salesman/girl yang datengin ruang dokter bawa tas hitam?? gue ga niatan apa2 nih.. cuman gue lg bete aja soalnya seminggu ini...

Yah... gituh dechh
Well... intinya siih.. gue cuman berharap kalo masih ada dokter yang bisa telaten ama pasiennya.. yang bisa nerangin gejala penyakit.. kenapa, akibat, dan obat yang dibutuhin yang bener.. ga cuman maen asal operasi sana operasi sini aja… ga mikirin kalo biaya berobat itu sekarang mahal… huuhh…
Semoga masih banyak dokter yang pintar dan baik hati, yang masih bisa berpikir logis, walo masih nurutin “textbook”.. tapi bisa comforting their patients… and also cure them of course!!

No offense... Kayanya emang pikiran gue seminggu ini penuh banget dengan seputar sakit gue nih..

3 comments:

Anonymous said...

bukannya gue mau ngebela dunia perdokteran karena bokap dan kakak gue dokter,,
tapi gue yakin,, gak semua dokter sih gitu.. di jakarta emang rada susah nemuin dokter yang emang care bgt ama pasiennya.. mungkin terlalu komersial, ngejar setoran, belon lagi denger2 katanya pasien dokter spesialis di jkt bisa ampe 30 pasien semalem, dan pulang jam 1 pagi kalo dapet nomer tunggu yang tinggi, ataupun karena malpraktek.. wallahu alam..

emang sih,, waktu kecil gue sering liat bokap gue didatengi dealer2 obat, gue seneng tpnya karena mrk bawa hadiah pernik2 gitu.. (*hehehe.. dasar ini mah pikiran anak kecil*) dan ampe sekarang gue masih sering minta ke kakak gue yang dokter krn dia suka dapet notes, pulpen, tas2 dll dari dealer2 obat.. hihihi

well intinya sih kalo kata gue,, si dealer obat itu ya jelas lah namanya juga pengen obat nya laku,, tapi kayaknya itu gak ada hubungannya ama dosis yang dikasih dokternya deh.. lah kalo emang dia rasa obat itu bagus, ya kasih aja ke pasien sesuai dgn dosisnya..

the bottom line nya menurut gue bukan dia dikasih bayaran tinggi ama dealer obat, tapi lebih karena orang indo emang udah terbiasa dicekokin dgn obat2 berdosis tinggi..

ya udah ce.. lu istirahat deh..
makan dan istirahat yang cukup.. lu kecapekan kali,, mana 2x seminggu kan les jerman, naik2 bus pulang malem dll..

dan jangan makan unggas dulu, (ayam bzw. ente dll..), kan serem tuh di indo lagi musim flu burung..

ya wes.. gue feier abend dulu yak.. ini iseng2 baca2 blog dulu sebelum pulang.. hehehe

grusse aus hh
almy

Anonymous said...

eh kelupaan nulis:

GUTE BESSERUNG yak ;)

almy

- Nanda - said...

Well,
gue ga akan argue soal dosis obat en pengecer obat
tapi gue yakin, bokap en kaka loe punya etika sebagai seorg dokter my..
karena, my problem with this doctor is his manner! yupss..
dia cuman pengen maen operasi sinus gue aja gituh...
tanpa mikirin hal2 yang laennya lagih..
sampe2 soal gue bilang ttg asuransi gue di kantor yang masih dalam proses aja, dia jawab.. ahh.. ga usah tunggu asuransi.. itu bisa berbulan2 ngurusnya..!! gila kan..?? ich brauche vielleicht mehr als 10 millionen fuer diese Operation!! und er hat gesagt dass ich kein Versicherung brauche..
Gituh dech ceritanya... lebih panjang sih sebenernya ceritanya.. heheheh.. aber ich muss doch jetzt arbeiten.. hehehehehe