Sunday, June 12, 2005

Bahasa...

Gue selama ini baru ngeh.. kalo berpikir dalam 2 bahasa atau malahan 3 bahasa bisa bikin otak kita puyeng ndiri...

Soalnya, bahasa indonesia sendiri bisa dibilang grammarnya ga gituh ada.. tapi, penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar (sesuai EYD) juga jarang banget kita pake.. Nah, alhasil, kalo kudu nulis dalam bahasa indonesia yang baik dan benar,.. pusing dech jadinya..
Apalagih kalo kudu nerjemahin dari bahasa inggris.. huaa.. bingung dech.. cari istilah2 dalam bahasa indonesia yang sesuai dan tepat... Kendalanya satu lagih karena vocabulary bahasa indonesia ga sebanyak bahasa inggris untuk dipake dengan tepat satu kata itu.. alhasil, tulisan ilmiah bisa aja bertele-tele gitu (kalo dalam bahasa indonesia)..
Bedanya ama bahasa inggris, dia bisa lebih to the point karena bahasanya..
Lebih edun lagih sebenernya untuk orang teknik tuh, menurut gue ya,.. bahasa jerman.. soalnya Wortschatz nya kayanya emang dibikin untuk bahasa teknik kali.. soalnya kalo baca tulisan dari bahasa jerman untuk hal2 teknis, kayanya kok sangat to the point banget gituh... ini feeling gue aja siihhh...

Yah.. balik ke berpikir dalam 3 bahasa itu.. bingungin.. beneran dech,..
Bahasa indonesia senengnya pake Menerangkan Diterangkan.. trus inggris kalo ga salah kebalikannya gituh... nah, bahasa jerman beda lagih... dia yang penting Verben alias kata kerja kudu di posisi 2 atau akhir dari satu kalimat.. yang hasilnya, subjek bisa aja di posisi 3.. ga musti di posisi awal..
huaaa.. puyeng2 dech.... hehehehehe...

No comments: