Thursday, February 10, 2005

Ba Pao

Resep doughnya Ba Pao:
· 500 gr tepung
· 4 sdm minyak sayur
· 2 sdm gula
· 2 sdt garam
· 1 bungkus fermipan
· 1 gelas air putih hangat (200 ml)
Ulenin ampe kalis..
Untuk isinya: bisa pake daging ayam atau daging sapi cincang
Trus, tumis² aja, bumbuin sesuka hati..
Tapi, pengalaman gue sih, untuk daging ayam tuh, enakan pake minyak wijen juga bawang daun, trus, ga lupa pake kecap asin gituh en saos tiram.
Kalo daging sapi cincang: kayanya enakan pake merica hitam yaa???

Gue nulis soal Ba Pao gini, soalnya lagih pengen bikin gituh.. resep di atas itu, hasil nanya ke tante gue yang jagoan bikin Ba Pao…
Ada cerita lucu seputar Ba Pao.. Gue dulu pernah bikin Ba Pao pake ragi instant gitu.. dan, parahnya nih, gue pake air dingin doonkk.. alhasil, tuh Ba Pao kaga bisa ngembang gituh.. dan, hasilnya, Ba Paonya jadi kecil² en keras² gitu, walopun rasa adonan isinya sih enak² aja gitu,, nah, Ba Pao ini nih, ga ada duanya dech rasanya.. sampe², rasa Ba Pao keras ini masih diinget sama someone special gue ;) hehehe.. apalagih nih, katanya,”Duh, itu Ba Pao, udah keras, disuruh dibawa pulang lagih.. makan satu aja udah cukup, ini disuruh diulang-ulang pula makannya… hehehehe.. gimana ga inget rasa tuh Ba Pao??” Hihihi… *memory someone special gue di bulan Maret 2004, di dapur Grumbrechtstrasse 57, HH*..
Nah, makanya, gue bercita-cita bisa bikin Ba Pao yang ga keras.. dan enak.. biar memory-nya agak bagusan dikit gitu lhooooooooo......

No comments: