Friday, February 11, 2005

Make-up en Dandan

Sebagai seorang cewe, gue tuh sukaaa banget ngeliat make-up.. Yups! Beneran, make-up.. dengan segala tetek bengeknya gituh.. dari bedak, lipstik, blush-on, eye shadows, trus.. eye liner, mascara, foundation.. ga lupa, yang basic banget: moisturiser en pembersih muka!
Gue udah bergaul dengan yang namanya make-up tuh sejak gue kecilll banget, SD kelas 3 kali yaa?? Maklumlah, pertama kali gue pentas nari bali kan udah didandanin. Dulu tuh, iih, sebel banget, harus pake lipstik, didandanin gituh.. kayanya muka jadi aneh bangett.. apalagih lipstik kan rasanya ga enak gituh.. hehehe..
Nah, tapinya nih, berhubung makin sering pentas nari, makin sering pula, gue didandanin. Sampe² waktu gue SMP kayanya, ada kelas dandan untuk make-up nari bali.. hehehe.. maklumlah, make-up nari kan beda ama make-up sehari2 gitu.. ada ngebentuk alisnya lah, ngelukis godeg, srinata, en warna eye shadownya dooonkk.. Biru, meeeeennnn!!!! Hhehehehe
Ternyata nih, belajar make-up sendiri utk pentas itu, berguna banget pas gue kudu nari bali di jerman. Soalnya, siapa lagih coba yang bakal ngedandanin gue untuk pentas kalo bukan dandan sendiri??

Sekarang ini, gue udah ngeliat make-up bukan hanya untuk pentas aja tuuhh.. tapinya juga untuk kondangan misalnya,.. hehehe, kalo sehari-hari aja sih.. just the basic aja yaa.. pelembab en bedak ajaa.. apalagih di indonesia gituh.. wuiih, penting banget tuuuhh,.. soalnya berdebu banget.. so, bedak tuh untuk ngelindungin pori2 dari debu biar ga jerawatan, hehehe
Nah, kalo untuk kondangan, tergantung, waktu yang ada untuk dandan.. hehehe.. kadang2 gue cuek aja sih, kaga dandan gituh.. tapi, kalo lagih ada waktu en centilnya kumat, semua peralatan make-up yang gue punya, gue pake dech ;)
Daaann.. setelah mencoba berkali-kali.. ternyata, trik yang penting diketahui untuk mendapatkan hasil maksimal adalah: mencoba berbagai macem gaya ampe nemuin yang pas untuk muka kita.. soalnya nih, kadang2 make-up artist di salon2 gituh juga, belun tentu cocok dengan gaya dandanan yang kita pengenin. Selain itu, mahal bowww untuk ke salon itu.. sekali ke salon untuk dandan bisa abis 100 ribu tuhhh.. hehehe.. kalo les make-up, bisa ampe 1 juta lhooo.. nah, makanya, mendingan latian aja ndiri.. en pake gaya yang emang cocok untuk muka en gaya kita gituh...

Sedikit tips dandan dari gue.. hehehe.. koleksi-in dulu perlengkapan dandannya.. iyalah.. kalo kaga, gimana mau dandannya cobaaa?? Hehehe.. nah, untuk hemat niih.. ga usah punya berbagai macam warna dechh... pengalaman gue, akhirnya, seringan tuh, gue cuman pake 2 nuansa warna aja tuh ternyata.. nuansa coklat/oranye ama nuansa pink/ungu muda.. nah, eye shadow yang kita punya untuk masing2 nuansa itu, sebaiknya ada 3 gradasi warna gitu.. jadi, makenya tuh, highlight (dengan warna paling muda, misal: putih, krem, atau pink muda) untuk di bawah alis gituh. Trus, warna yang lebih gelap dikit, di bawahnya, mendekati kelopak mata atau di kelopak mata. Nah, warna paling gelap, gue siih, paling suka ditaro di sudut mata aja gituh.. jadi matanya lebih “ketarik” ke atas gituh..
Trus, pake eye liner. Kayanya kudu ada 2 warna dech, warna coklat en item.. item untuk kesan lebih “dramatis” en coklat untuk yang lebih netral gitu. Kalo ga gape pake eye liner cair, mendingan pake yang bentuk pensil. Lagian, yang pensil lebih lama kadaluarsanya. Mascara juga bisa dipake.. gue dulu ga suka pake mascara. Tapi, sejak dikenalkan ama mascara keluaran Maybelline (sorry, iklan) yang berjudul lash discovery, mini-brush ama mbak beben, gue jadi suka pake mascara. Apalagih, ternyata, mascara itu, sangat efektif untuk bikin mata lebih berbinar-binar alias lebih kinclong.. hehehehe (bahasa gue kok aneh yaa)..
Trusss.. blush-on, juga, mendingan ada 2 warna juga,.. warna oranye ama warna pink.. jadi, kalo kita lagih pake masing2 nuansa, blush-on nya juga ada.. ;)
Terakhir, baru dech kita pake lipstik. Katanya nih, kalo eye shadow kita tuh “berat”, lipstiknya kudu lebih ringan warnanya,.. biar ga kayak make-up panggung (kayak gue kalo nari.. hehehhe).. sekarang kan jamannya pake lip-shine tuh.. soo.. tambahin lip-shine setelah lipstik en jangan lupa pake lip-balm biar ga pecah2 bibirnya..

Oh ya.. soal foundation.. ehm.. ini penting banget.. kalo untuk malem.. tapiiii.. jangan ampe ketebelan gituh.. kalo banyak bekas jerawat atau lingkar bawah mata, pake concealer aja. Ok juga kok utk nutupin noda2 tersebut. Kalo soal shading2an sih.. gue ga kaga ngarti.. hehehe.. itu sih, urusan make-up artist.. hehehehe..

Kenapa gue jadi postingan soal dandanan gini yaa?? Hehehe.. sekali-kali bikin centil cewe2 dech.. soalnya, semua cewe itu bisa tampil beda en cantik dengan dandan kok.. jadiii.. sekali-kali dandan, it’s ok, girls!!

2 comments:

Anonymous said...

Hmm...

Hehehe...

Uhuyyy...

tuing... tuing... tuing...

gimana gue ga "hmmm, hehe, uhuy, tuing-tuing..."

ternyata my lady juga jago dandan... hehehe... alhamdulillah... 8)

Anonymous said...

huahaha.. serasa baca tips dandan di web cita cinta kur.. gpp,berbagi pengalaman kan bagus tuh.. gmanapun, naluri dandan sbg cewe perlu ada juga yee... hehehe.. (beben)